Home / Daerah / Hamengku Buwono: Aturan Larangan Nonpribumi Miliki Tanah di Yogyakarta .

Hamengku Buwono: Aturan Larangan Nonpribumi Miliki Tanah di Yogyakarta .

RAJAWALI CITRA NEWS.COM, Jakarta – Dalam teknis posisi dan kedudukan boemipoetra dalam konteks Yogyakarta, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku Buwono X mengatakan bahwa secara teknis Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta telah menguatkan Intruksi Wakil Gubernur DIY Nomor K.898/I/A/1975 yang menyatakan Pemprov berhak melarang nonpribumi memiliki tanah di Yogyakarta.

Hamengku Buwono X menegaskan bahwa aturan ini tidak hadir serta merta dan tiba-tiba, tapi karena Yogyakarta memiliki keistimewaan.

Keistimewaan Yogyakarta, lanjut dia dibahas panjang lebar dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Puncaknya yaitu lahirnya putusan MK Nomor 88/PUU-XIV/2016, dimana 9 hakim konstitusi sepakat mengapa Yogyakarta begitu istimewa bagi Indonesia.

“Sultan yang bertakhta di Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Adipati Paku Alam yang bertakhta di Kadipaten Pakualaman bukan pemberian atau dibentuk oleh negara atau in casu Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Hamengku Buwono, melalui keterangan resminya pada kegiatan Pra Kongres Boemipoetra Nusantara Indonesia di Yogyakarta, 23 April 2018 lalu.

Hak-hak asal-usul daerah-daerah yang bersifat istimewa harus diperingati juga dengan yang bersifat istimewa. Karena itu adalah daerah kerajaan atau koti, baik di Jawa maupun di luar Jawa, daerah-daerah yang dalam bahasa Belanda disebut Zelfbestuurende Lanschappen.

Dengan menggunakan pendekatan sejarah hukum, maksud dari pembagian daerah dengan mengikat hak asal-usul dan hak istimewa yang dimiliki daerah. Dengan demikian, lanjut Sultan DIY tersebut, lahirnya Pasal 18 UUD 1945 menunjukkan para pendiri negara menyadari bahwa Indonesia merupakan negara heterogen yang terdiri dari daerah yang mana masing-masing memiliki karakteristik.

( Martin / Ronaldo / Red ).

About Rajawali Citra News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Koperasi KOPISTRA Cepat Berkembang Pesat dan Mendapat Respon Positif dari Warga Kota Surabaya.

SURABAYA , RAJAWALI CITRA NEWS, COM – Kini koperasi yang dapat mengubah ...